Pengaruh Budaya Nasrani terhadap Diskriminasi Kelompok Queer dalam Islam

  • Ersa Elfira Khaiya Centre of Religious and Cultural Studies - Universitas Gajah Mada
  • Ferdiansah Ferdiansah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract views: 116 , Pengaruh Budaya Nasrani terhadap Diskriminasi Kelompok Queer dalam Islam downloads: 0
Keywords: queer, islam, diskriminasi, budaya nasrani, injil

Abstract

Diskriminasi terhadap kelompok Queer dalam komunitas Muslim seringkali dilatarbelakangi oleh alasan agama. Sebagian Muslim menganggap kelompok Queer adalah orang-orang yang menyimpang, berdosa dan jauh dari syariah Islam. Hal tersebut ditengarai oleh banyaknya misinterpretasi kisah nabi Luth di dalam Al-Quran serta hadits-hadits yang juga digunakan sebagai pembenaran atas diskriminasi kelompok Queer. Padahal, terdapat tafsiran-tafsiran kontemporer mengenai kisah Luth yang seringkali luput diikutsertakan dalam pembahasan mengenai konteks mengapa Allah menurunkan azab untuk kaum Luth. Terdapat dua pertanyaan yang mendasari penelitian ini. Pertama, bagaimana asal-usul kemunculan ujaran diskriminasi kelompok Queer dalam kisah nabi Luth dalam Al-Quran? Kedua, adakah pengaruh lain yang mendukung terjadinya diskriminasi tersebut? Penulis mendapati bahwa tafsiran mengenai kisah nabi Luth tidaklah tunggal dan terdapat faktor lain yang mempengaruhi pelanggengan diskriminasi terhadap kelompok Queer dalam Islam. Hal tersebut disebabkan adanya pengaruh budaya sebelum Islam mengenai diskriminasi kelompok Queer. Terdapat ayat-ayat di dalam Injil yang secara eksplisit menjelaskan hukuman kepada orang yang melakukan homoseksual dan disinyalir terdapat ketumpang-tindihan pemahaman antara budaya Islam dan juga budaya pra-Islam (dalam hal ini Nasrani) dalam pembangunan narasi kisah nabi Luth. 

References

Buku:

Corrigan, J., Denny, F., Jaffee, M.S., & Eire, C. (2016). Jews, Christians, Muslims: A Comparative Introduction to Monotheistic Religions. Routledge.

Haryanto, Sindung (2015). Sosiologi Agama: Dari Klasik hingga Postmodern. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kugle, S. (2010). Homosexuality in Islam: Critical Reflection on Gay, Lesbian, and Transgender Muslims. Simon and Schuster.

Shihab, M. Quraih (1996). Wawasan Al-Quran. Bandung: Mizan.

Supiana dan M. Karman (2002). Ulumul Quran. Bandung: Pustaka Islamika.

Umar, Nasaruddin (1999). Argumen Kesetaraan Gender: Perspektif al-Quran. Jakarta: Paramadina.

Zed, Mestika (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Obor.

Jurnal/Skripsi/ Disertasi:

Fauzi, M.H. (2020). Lafadz yang Bermakna Kekejian dalam Perspektif Al-Qur’an; Analisis Semantik terhadap Lafadz Fahsyā. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 5(2).

Jahan, S.M. (2021). Quranic Lūṭ (Lot) Passages and the Juridical History of Homosexuality in Islam: A Critical Study. Disertasi. Centre for the Study of Comparative Religions and Civilizations.

Raihanah. (2015). 'Israiliyyat dan Pengaruhnya Terhadap Tafsir Alquran'. Tarbiyah Islamiyah, 5(1)

Rati. (2022). Perilaku Gay Pada Kisah Nabi Lûth dalam Perspektif Al-Qur’ân dan Relevansinya dengan Masyarakat Indonesia. Tesis. Program Studi Ilmu Al-Qur‟an dan Tafsir.

Sa’dan, M. (2022). Merebut Ruang Ibadah: Studi Kasus Konflik Penutupan Paksa Pondok Pesantren Waria Al-Fatah Yogyakarta. Tashwir: Jurnal Penelitian Agama dan Sosial Budaya, 10(02).

Video:

wadud, amina. (Pembicara). (2022, 8 April). Sharing Inclusive Perspectives on the Lut Story in the Qur’an [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=m-T0fMmQcT8.

Hendricks, Muhsin. (Pembicara). (2022, 21 April). Sharing Inclusive Perspectives on the Lut Story in the Qur’an [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=WnlqoeY8788

Suhonic, D. (Pembicara). (2022, 14 April). Sharing Inclusive Perspectives on the Lut Story [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=HlGSQz5aaFI.

.

Internet:

Nashrullah, N. (2023). Temu Aktivis LGBT: Penyelenggara Advocacy Officer ASEAN SOGIE Caucus Enggan Komentar. Republika.co.id. Diakses dari https://news.republika.co.id/berita/rxn26h320/temu-aktivis-lgbt-penyelenggara-advocacy-officer-asean-sogie-caucus-enggan-komentar pada 5 September 2023.

Khoiron, M. (2018). "Hukum Homoseks Menurut Kiai Sahal Mahfudh." Bahtsul Masail. Diakses pada 4 September 2023, dari https://islam.nu.or.id/bahtsul-masail/hukum-homoseks-menurut-kiai-sahal-mahfudh-XnB55.

Redaksi. (2020). "Hadits-Hadits Tentang Homoseksual." Asy-Syariah. Diakses pada 4 September 2023, dari https://asysyariah.com/hadits-hadits-tentang-homoseksual/.

Tuhanyesus.org. (2018). "5 Ayat Alkitab Tentang Homoseksual Dalam Kristen." Diakses pada 6 September 2023, dari https://tuhanyesus.org/ayat-alkitab-tentang-homoseksual.

Pdt. Yakub Tri Handoko. (2021). Apakah LGBTQ Melanggar Larangan di Imamat 18:22?. Reformed Exodus Community. Diakses dari https://www.rec.or.id/apakah-lgbtq-melanggar-larangan-di-imamat-1822/

HRC Foundation. What Does the Bible Say About Homosexuality?. Human Rights Campaign. Diakses dari https://www.hrc.org/resources/what-does-the-bible-say-about-homosexuality/

Naufal, I. (2023, 5 September). Tolak LGBT, Pertemuan Aktivis SE-ASEAN di Jakarta Dibatalkan. Inilah.com. Diakses dari https://www.inilah.com/tolak-lgbt-pertemuan-aktivis-se-asean-di-jakarta-dibatalkan pada tanggal 5 September 2023.

PlumX Metrics

Published
2023-07-01
Section
Articles